Apa pun situasi yang kami hadapi, kami ingin tetap jalan. Begitu pun harapan kami untuk sahabat Idelando, agar kalian selalu keren.

Idelando-Waktu itu di Jogja, tepatnya di Mrican, Jln. Pringgodani. Kos A'am pagar hitam namanya. Ada dua kursi santai di beranda depan. Tiap sore, saya dan Rudi ngopi di situ. Sambil kutik gitar atau mengobrol. Kalau mengobrol, mulai dari topik paling receh sampai topik paling penting kami kupas tuntas. Sampailah pada topik paling penting kami, 30 Agustus 2021, sore. Saat itu kami mengobrol tentang youtube, blog, dan desain.

"Kae masih main blog?" tanya Rudi.

"Blognya masih aktif e, tapi sudah jarang tulis bahkan tidak lagi." jawab saya.

"Pantas toe ma pernah ita share tulisan one WA ite ge. Topik receh tapi penting em. Selalu baca laku eme share lite." sambung Rudi.

"Aku bagikan kat em. Sebenarnya toe pernah pede agu apa hot tulis daku dan tidak pernah pikir ada yang mau baca." jawab saya.

"Bagaimana kalau kita kerja sama Kae, buat sesuatu yang lebih besar". Rudi sangat antusias.

Ini cuplikan percakapan kami yang saya ingat.

Tentang Rudi, selain sibuk kuliah, ia punya hobi desain dan edit video sinematik. Hasil editannya ia upload di medsos dan kanal youtube CanisMajoris miliknya. Yups, dengan skill yang dimiliki, Rudi yang menghendel desain grafis Idelando.

Kami pun merencanakan Idelando dengan satu tekad kuat "kita ramaikan literasi remaja di Kabupaten Manggarai dengan menulis topik-topik ringan dan konten-konten menarik".


Kami Mulai

Kami menyiapkan segala sesuatu pada 30 Agustus 2021. Mulai dari pemilihan nama dan filosofinya, penentuan rubrik, pemilihan tema, pemilihan warna, konten medsos, dan akun medsos. Kami pikirkan semua itu dalam tiga hari.

Pertama, nama Idelando berasal dari kata bahasa Indonesia "ide" yang artinya 'rancangan yang tersusun dalam pikiran; gagasan; cita-cita; dan kata bahasa Manggarai "lando" yang artinya 'bunga; berbunga'. Blog Idelando akan menjadi tempat untuk manampung ide-ide berbunga yang bermanfaat bagi pembaca.

Kedua, kami kewalahan menentukan konten Idelando dengan pertanyaan "apa yang menarik dari Idelando sehingga orang mau membaca Idelando?". Kemudian, kami menentukan beberapa rubrik: basa-basi, opini, cerpen, puisi, dan infografis. "Kita pakai sistem rencana berjalan saja, bukan sistem jadi, karena kita pasti akan berhadapan dengan kemungkinan-kemungkinan baru."

Ketiga, medsos Idelando akan diisi dengan thumbnail dan ringkasan tulisan di blog. Rudi yang menghendel semua itu.

Keempat, brand kami adalah "bahas santai". Segala hal akan dibahas secara santai di Idelando.

Idelando pun jadi pada 1 September 2022. Kami akui masih banyak rumpang. Namun, tetap kami luncurkan pada 2 September 2022 sebagai hari jadi Idelando.


Kami Membutuhkan Tim

Saya dan Rudi sadar bahwa kami tidak bisa memajukan media kecil ini hanya berdua. Kami butuh tim. Dari itu, hadirlah Taty dan Putra. Dua sahabat keren dan kece yang memperkaya ide kami. Taty suka membaca(kan) puisi dan Putra suka menulis puisi. Mereka yang menghendel rubrik cerpen dan sastra. Pekerjaan semakin mudah dengan peran-peran yang ada.

Kehadiran mereka berdua yang membuat Idelando membuka kanal youtube. Sejauh ini kanal youtube Idelando diisi dengan pembacaan puisi dan cerpen oleh redaktur. Pelan-pelan Idelando bukan hanya fokus pada konten blog saja, melainkan juga konten youtube dan medsos.


Kehadiran Yoan dan Ry

Kami tidak pernah menduga bahwa makin hari makin banyak tulisan masuk melalui email. Kami kewalahan dan Idelando membutuhkan personil baru untuk mengisi beberapa peran. Hadirlah Yoan dan Ry yang tak kalah keren dan kaya ide. Yoan mengolah fanpage Neho Rampon. Ia menulis catatan-catatan kecil yang ia sebut "basa-basi". Ry punya semangat untuk diskusi dan belajar menulis. Dari semua itu, yang pasti kami memiliki niat dan tekad yang sama.

Kehadiran Yoan dan Ry membawa wajah baru pada Idelando. Konten-konten kami dikemas menjadi lebih menarik. Mulai dari perubahan rubrik sampai pada konten-konten medsos seperti yang terlihat sekarang ini. Kami pun memiliki slogan baru, yaitu "selalu keren". Ya, mungkin kelihatan sombong, hehe, kami ingin selalu gagah dan tangkas. Apa pun situasi yang kami hadapi, kami ingin tetap jalan. Begitu pun harapan kami untuk sahabat Idelando, agar kalian selalu keren.😁


Satu Tahun Berjalan

Semua berjalan di luar yang kami pikirkan. Satu tahun ini kami tidak hanya menulis dan membuat konten. Ternyata ada beberapa komunitas yang mengikuti perkembangan kami dan mengajak kami berkolaborasi mendiskusikan beberapa karya sasta, baik secara daring maupun luring. Itu membuat kami lebih "berani".

Satu tahun ini tidak mudah. Ada saatnya kami kaya ide, ada saatnya kami miskin ide. Miskin ide membuat kami mandek sampai berminggu-minggu. Namun, kami sudah memulai, tidak ada alasan untuk berhenti. Dari awal kami telah mendatangkan penggemar. Mulai dari 10 orang, 15 orang, 25 orang, 50 orang, sampai sekarang kami tahu ada ratusan orang yang menunggu kami. Ini suatu kebanggaan.

Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih untuk Sahabat Idelando yang selalu mendukung kami, sehingga kami bisa berjalan sampai sekarang. Terima kasih selalu menunggu kami dan melampaui itu kalian senantiasa memberi masukan, saran, dan kritikan yang membangun, sehingga kami dapat merayakan hari jadi yang pertama.

Tentu saja Idelando masih banyak kekurangan. Kami belum ada apa-apanya. Masih merangkak. Namun, kami ingin tetap tumbuh. Makin hari makin berkembang. Ada mimpi besar yang masih kami perjuangkan sampai saat ini. Mohon doa dari sahabat Idelando agar kami tetap loyal dan semangat. Sekian dan Terima kasih.

Penulis: Opin Sanjaya

1 Komentar

Anonim mengatakan…
Jaya selalu Idelando